Tuesday, September 9

..ditilang polisi..

Sejauh ini, dari pertama kali gue punya SIM, gue udah diberhentiin polisi sebanyak 4 kali (diluar dari razia yah). 3 dari 4 kejadian itu, I ended up giving the money to the police. I know it consider as a bribery, tapi daripada SIM gue diambil and gue males ngurus ke pengadilan, yah, gak ada jalan lain deh.

KEJADIAN 1 :
Waktu itu gue ama ibu gue, sekitar jam 10 pagi. Gue lagi di daerah Kota (terusan yang mau ke Mangga Dua). Asli, gue gak liat kalo gak ada rambu dilarang muter, jadi di lampu merah itu, gue muter balik. Eeeeeeeeh, gak berapa lama, polisi itu muncul dari warteg and langsung berlari ke tengah2x jalanan berentiin mobil gue. Berhubung ini kali pertama gue diberhentiin polisi, ibu gue akhirnya yang turun tangan. Yah, mungkin juga dia ngeliat karena gue ngotot gak ada rambu dilarang muter ituh. Ibu gue ngikutin polisi itu ke dalam warteg and terjadilah transaksi disana. Pas ibu gue dah masuk mobil lagi, dia bilang gini "Ibu dah bayar 20ribu, udah, jalan.."

KEJADIAN KE-2 :
Again, gue lagi ama ibu gue. Di daerah Panglima Polim. Kalo ini siy pure salah gue, karena gue dah liat ada tanda dilarang masuk, tapi tetep gue terabas. Gue beranggapan kalo gak akan ada polisi yang berpatroli di daerah situ. Jeng jreeeeeeeng, ternyata gue salah dong. Di depan gue lagi ada polisi naek motor and siap memberhentikan gue. Dengan sigapnya, gue muter balik, trus kabur dg perasaan khawatir kalo bakal dikejar. Sambil memutar otak mau ngambil jalan mana, gue bolak balik liatin spion, in case pak pulisi ada di belakang gue. Setelah beberapa saat, dia gak muncul, gue pun merasa aman, dan gue pun belok ke arah Ayam Berkah. And you know what, itu polisi ada di jalan itu. Lemes lah gue, karena dia dengan semangatnya memberhentikan gue. Pas dia turun dari motor dan berjalan dengan tegapnya tanda kemenangan ke arah mobil gue, trus dia ngetuk jendela gue and bilang gini "Hayo, mau ngabur kemana ? Kamu tau kan itu verbodden ?" Gue gak bisa argumen apa2x, hanya bisa minta jalan damai and untungnya dia mau. Ibu gue sama sekali gak mau ambil peranan, karena dia tau kalo gue salah. Walhasil, gue harus merelakan 20 ribu gue ke kantong pak pulisi ituh

KEJADIAN KE-3 :
Di Pakubuwono, gue pulang kantor menuju rumah. Saat itu, marka jalan (tepatnya tanda panahnya) sudah memudar. Jadi yang tadinya jalur tengah itu bisa belok kanan, nah berhubung si tanda panahnya itu antara ada & tiada, jadilah membuat celah utk polisi bergerilya menyetop mobil2x yang ada di jalur tengah seperti gue. Jadi, gue di satu sore itu, gue mengambil jalur tengah seperti sore-sore sebelumnya. Tapi entah kenapa, tau2x polisi itu ngeberhentiin mobil gue. Perbincangan gue dengan polisi ini sangat gue ingat

Polisi : Sore mbak.. Boleh liat SIM & STNK ?

Gue : Sore pak.. Kenapa ya ?

Polisi : Mbak tau, kalo dari jalur tengah gak boleh belok kanan ?

Gue : Lho pak, saya tiap hari lewat sini, ambil jalur tengah & belok kanan, tapi gak pernah diberhentiin tuh

Polisi : Mungkin karena polisinya waktu itu gak tau, mbak. (gue hanya ngebatin, "aneh banget siy..")

Polisi : Mbak akan saya tilang niy. Gimana ?

Gue : (lho kok malah nanya ?) Ya jangan dong pak.. Bener deh, saya tiap hari lewat sini, tapi gapapa kok. Damai aja deh pak ya

Polisi (sambil ngeliat2xin dalem mobil gue) : Ya udah, boleh deh, damai, 50 ribu yah

Gue : Yaaaaa, jangan dong pak. Liat niy - sambil ngasih tau isi dompet - saya cuma punya selembar 50 ribu, dan saya harus beli bensin karena udah mau di garis E - sambil nunjukkin odometer bensin -. 20 ribu aja ya, pak

Polisi : Wah, saya gak ada kembaliannya.

Gue : Ya bapak minta dong sama temennya (saat itu ada 2 orang yang berjaga), pasti ada deh.

Polisi : OK deh. Dan dia pun mengambil uang 50 ribu gue

Gak berapa lama, polisi itu kembali

Polisi : Mbak, kaca jendelanya naikin dikit (soalnya tadi gue turunin setengah)

Gue nurut dong, and you know what happen ? Si polisi itu ngasih kembaliannya berupa 2 lembar 10ribuan dan 2 lembar 5ribuan. Dan dia pun bilang "Makasi"

WHAAAAAAAATTTTTTTTT ???? Gue masih bengong aja karena having that kinda weird experience, and sepanjang perjalanan ke rumah, gue masih gak habis pikir dg kejadian itu (even ampe sekarang, sigh..)

KEJADIAN KE-4 :
Di suatu Jumat jam 12 siang. Gue and temen kantor gue, Izi, abis beli birthday cake di Mandarin. Pas keluar dari Mandari, gue ambil jalur cepat trus belok kiri ke jalur lambat. Asli, peraturan berkendara di area Bunderan HI ini sampe sekarang gak pernah gue mengerti. Apa yang boleh & yang tidak, dan jam2xnya itu, menurut gue suka berubah2x.

Enivei, setelah gue belok, gak berapa lama ada pak polisi meniupkan peluitnya ke arah mobil gue & ngasih aba2x supaya gue berenti sambil berlari-lari kecil (takut gue ngabur kali..). Trus dengan buku tilangnya yang tebel itu (mungkin krn gak pernah dipake utk nilang, jadi cuma sebagai kamuflase), terjadi percakapan seperti ini

Polisi : Siang mbak, bisa liat SIM & STNK-nya ? (pertanyaan standar)

Gue : (sambil megang2x handphone belagak mau nelp someone's important) Kenapa ya pak ? (pertanyaan standar juga)

Polisi : Mbak tau gak ? Kalo dari Mandarin, gak boleh belok kiri.

Gue : (masih megang handphone). Yaaaah, saya gak tau, pak. Abis, kadang boleh kadang nggak. Maafin deh pak (pasang tampang memelas)

Polisi : Trus sekarang gimana ?

Gue : Ya gimana dong pak ? Saya mau damai, tapi saya gak punya uang (sambil nunjukin dompet koin gue yang emang dah gak ada duit)

Polisi : Wah, agak susah niy. Kalo gitu, saya tilang aja yah

Gue : Yaaaaaa, jangan dong pak. Ini kan hari jumat, hari baik, pak. Saya janji deh, gak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi. Ya pak yaaaa ?

mungkin karena i look convincing enough to him or he's stupid enough that he doesn't even bother to tell me to ask my friend whether she has money or not as she has a big birthday cake box on her lap, so here's the next scene :

Polisi : Ya udah, lain kali jangan dilakukan lagi ya. Sudah, sana jalan

Gue : Makasih ya paaaaaaaakkkk.. Bapak baik deh. Mariiiiii

Yah, begitulah sekelumit cerita 4 kejadian gue diberhentiin polisi. Dari kejadian terakhir ampe sekarang, alhamdulilah gue gak pernah lagi diberhentiin ama polisi. Moga-moga aja siy, gak pernah ada lagi kejadian diberhentiin polisi. Lain soal kalo karena ada razia ato operasi tengah malam.






Share/Bookmark

14 comments:

  1. crita 3 ajaiiiiib sekaliiiiii hahahahhahahahahahahahhahahahahahahaha

    ReplyDelete
  2. hihihihiiii.... ampe sekarang pun masih ajaib

    ReplyDelete
  3. cerita ke 3 paling mantep tuh... tapi berdasarkan pengalaman gw, emang mendingan bayar ditempat deh... bedanya sama ditilang cuman masalah waktu aja kok... sampe pengadilan juga cuman disuruh bayar doang, itu juga kalo sim lo gak keselip... sumpah gw kapok sok2an jadi warga negara yg baik... SYSTEM'S SUCKSSS!!

    ReplyDelete
  4. yup, kalo dibandingin ke pengadilan emang bayar langsung lebih ga ribet. kalo di pengadilan mesti nunggu hakim makan pagi dengan gigi selilitan (pantesan perut buncit, :D).. terus cuma nunggu ngetok palu dan masalah is over ... kemudian bayar dengan pajak Rp. 1000. ga jauh beda. lebih enak bayar langsung di tempat. kita ga susah...
    emang, hati rada ga senang ngasi bribe ke petugas yang seharusnya menjadi pengayom yang setia ... pyuh!
    mana,sekarang slip warna biru udah kagak ada ... bete! jadi, mau ga mau, uangnya dimasukkin kantong petugas polisi lalu lintas itu sendiri ...

    aku juga ada beberapa pengalaman ketangkep polisi ... tapi, biasanya, (apalagi kalo naik mobil) ga berani kabur seperti kejadian2 ... HEHE

    sampai sekarang, jujur, tiap kali liat polisi .. selalu FREAK OUT!!!! padahal juga ga salah ... tapi, selalu ngerasa guilty feeling teyus ... Hiks Hiks .... pity ,me!

    Ya, semoga ga ada kejadian dengan polisi lagi dah...
    "HATI2 aja ... dan kalo udah ngelakuin kesalahan, jangan diulang lagi ya ... !" :D

    ReplyDelete
  5. hihihi jadi inget cerita ditilangnya si Gempur (suaminya Riana). Dia ditilang deket rumahnya di Mayestik, waktu di tilang cuma punya duit recehan (gw lupa berapa) eh polisinya tetep ngambil dan bersikukuh minta tambah lagi. Alhasil Gempur pulang dulu ke rumah trus nyuruh pembantunya naik sepeda utk kasih lagi sisanya...wakakak polisi emang aya aya wae....

    ReplyDelete
  6. kayak ibu gue niy, tiap kali liat polisi pasti langsung parno & mendadak diem, sementara gue kadang iseng nglaksonin mereka, secara mereka yang di patroli motor suka jalan di tengah, sementara itu kan jalur mobil & gue gregetan pengen nyalip :))

    ReplyDelete
  7. HAAAAAHHH ??? Kalo yang ini mah kelewatan, ketauan kalo polisinya emang bener2x BU alias butuh uang *sigh..*

    ReplyDelete
  8. hahahahahaaaaa, sabar buuuuuuuu :))

    ReplyDelete
  9. Yup! Kasih sogokan aja terus... Gw pikir selama ini petugasnya doang yg nyeleweng, ternyata masyarakat jg mendukung. Hidup endonesah... *lemezsh... Pdhl kalo minta surat tilang warna biru gak ribet. Tinggal byr denda di atm, lalu dg struk nya kita lgs bs minta sim / stnk ke petugas ybs. Duitnya lgs masuk kas negara...

    ReplyDelete