Wednesday, January 4

..liburan..

Liburan buat sebagian orang bukan menjadi suatu kebutuhan, dan tak jarang mereka menganggap bahwa liburan adalah buang-buang uang. Tetapi ada juga yang menganggap bahwa liburan adalah suatu hal yang wajib dilakukan untuk menyegarkan pikiran dan menemukan hal-hal baru diluar rutinitas sehari-hari.

Nah, gue ini termasuk dalam kategori kedua. Buat gue, liburan itu menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Sebisa mungkin, paling tidak 3-6 bulan sekali gue harus berlibur. Baik itu yang jauh sampai ke luar Indonesia atau yang dekat-dekat saja dari Jakarta. Gak masalah juga bagi gue apakah itu hanya weekend trip, 1 minggu atau bahkan 1 bulan.

Ada banyak alasan kenapa gue mewajibkan diri sendiri untuk pergi berlibur. Selain dua alasan di atas, gue juga bisa berinteraksi dengan banyak orang dan gak jarang gue mendapatkan teman setelah berlibur. Tetapi yang terutama, liburan adalah masa bagi gue untuk berkontemplasi dengan diri, bisa makin lebih mensyukuri kehidupan yang gue miliki dan bisa makin mendekatkan diri dengan-Nya.

Itulah juga alasannya kenapa gue lebih memilih pergi berlibur sendiri. Banyak teman-teman gue menganggap gue aneh karena senangnya pergi berlibur sendiri. Tapi justru dengan pergi sendiri, gue lebih bisa menikmati liburan gue.

Lagipula, gak semua teman yang bisa diajak pergi berlibur bersama. Sejauh ini, gue hanya punya 2 teman yang bisa gue ajak pergi berlibur. Gue suka berlibur dengan mereka karena tujuan kami bertiga untuk berlibur itu sama. Kami sama-sama suka dengan alam, dan menghindari tempat perbelanjaan. Kalau harus belanja, ya tidak di pusat perbelanjaan, tapi di pasarnya dan beli sesuati yang khas dari tempat itu.

Banyak sekali pengalaman yang gue dapatkan saat berlibur. Mulai dari pengalaman bodoh yang bisa buat ngakak setiap saat ngomonginnya, pengalaman menyenangkan atau pengalaman yang lebih baik dilupakan selamanya. Belum lagi pengalaman seru, yaitu nyasar di negeri orang. Wahahaaa, ini sumpah deg-degan waktu kejadian, tetapi setelah beberapa saat jadi sebuah cerita yang gak akan pernah dilupakan seumur hidup.

Belum lagi foto-foto menangkap setiap momen dan tempat-tempat yang dikunjungi. Kepuasan tersendiri melihat hasilnya dan tambahan kepuasan kalau ada yang memuji bahkan sampai iri dengan foto-foto yang gue ambil, hahahaaa..

Liburan juga menjadi salah satu motivasi gue untuk mencari uang lebih banyak dan menabungnya. Mungkin saja, kalau gue gak banyak berlibur, uang gue udah buanyaaak banget. Tapi, gue lebih memilih untuk berlibur dan gak ada satu pun penyesalan, karena memang I chose to spend my money for travelling rather than spend it to buy unneccessary things.

Salah satu liburan yang paling berkesan untuk gue adalah backpacking ke Eropa. Bukan semata karena Eropanya. Gue selalu bilang ke ibu gue, kalo suatu saat, gue akan pergi ke Eropa, sendirian dan backpacking seperti bule-bule jalan jaksa yang berkeliaran di jakarta. And voila! 16 years later, I was travelling 18 days in Europe, backpacking and all by myself.

I might say that I consider myself as a lucky girl karena beberapa tempat yang ingin gue kunjungi dari dulu bisa gue datangi. Memang sudah menjadi impian gue dari dulu untuk berkeliling Indonesia, makanya gue selalu menyempatkan liburan.

Hal yang paling menyenangkan jua adalah persiapan sebelum berlibur. Kadang gue hanya liat peta, mata tertumbuk ke satu titik lalu mencari tahu tentang kota itu dan kalau memang menarik, pergi deh :)

Gak akan ada habisnya sih kalo ngomongin gue dan liburan, secara liburan adalah salah satu kesenangan gue dan sudah menjadi kewajiban buat gue..

Sebelum menjadi cerita yang membosankan, lebih baik diakhiri di sini saja :)


-di dalam bis menuju Blora, tempat pertama dari 5 kota yang akan dikunjungi seminggu ini-
Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment