Sunday, January 1

..secuil pendapat tentang tahun baru..

Tahun baru.. Sebenarnya, apa yang spesial dari hari itu? Menurut gue pribadi, gak ada yang spesial. Hari itu, sama dengan hari-hari lainnya. Cuma karena sebuah tradisi, maka pergantian tahun harus dirayakan dan dijadikan sesuatu yang spesial. Banyak orang merayakan dengan berpesta, baik itu pesta di rumah dengan barbeque atau di luar rumah seperti di restoran, klub atau jalanan. Dan beberapa tahun belakangan ini, banyak juga yang merayakannya dengan berzikir bersama di mesjid, selain ada juga yang berkontemplasi di ruang terbuka seperti gunung atau pantai.

Sebelum tahun berganti, banyak sekali orang berlomba membuat daftar resolusi. Sebuah daftar yang umumnya diingat pada awal dan akhir tahun saja, sementara di pertengahan tahun, mereka sendiri lupa (baik itu pura-pura lupa, terlupa atau sungguh-sungguh lupa) akan daftar resolusi yang telah mereka buat.

Jangan tanya apa resolusi gue di tahun 2012, karena gue sendiri sudah berhenti membuat resolusi dari 4-5 tahun terakhir ini. Alasannya sederhana, gue gak mau menyusahkan diri gue sendiri. Gue mau semuanya berjalan dengan apa adanya tanpa perlu disesuaikan dengan so-called resolution. 

Tahun baru, hidup baru. Menurut gue, hidup baru seharusnya bukan karena adanya pergantian tahun. Hidup baru itu seharusnya dilakukan setiap hari. Ketika bangun dari tidur, membuka mata dan mulai menjalankan aktifitas hingga saatnya malam tiba dan pergi tidur. Tapi untuk gue pribadi, gue lebih memilih tidak menggunakan kata "hidup baru" yang terkesan amat berat itu. Hidup itu sudah berat, gak perlu lagi diperberat dengan nama "hidup baru". 

Jalani saja hidup ini dengan sebaik-baiknya, berkontemplasi dengan diri, berusaha mengubah diri menuju pribadi yang lebih baik. Talking is cheap, I know some people will say it for sure. But when you could do this, I'm sure you'll find yourself living a good life. That's it, I guess. Your life will always be renewed when your done with your introspection or contemplation, then you decide to refine it. You don't need a new year to do that.

Anyway, that's just me being me, with thoughts that perhaps indifferent with the rest of you. 

Happy New Year though :)

Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment