Monday, October 13

..belajar mbatik..




Actually, I almost forget about this event. Untung aja, pas jumat kemaren, gue iseng liat my calendar event and ternyata ada kegiatan belajar membatik di Museum Gajah. Untung aja ada link mp bu Indra di event-nya, jadi gue langsung meluncur ke mp beliau and siang itupun gue transfer ke bu Indra & saved a seat for me. Aman deh !!

Minggu jam 9 pagi, gue udah meluncur ke Museum Gajah. Eeeeeeh, ternyata jalanan lancar bangettttt, secara cuma butuh 30 menit aja dari rumah. Jadi gue sempet jalan2x di Museum Gajah gedung barunya, and sekitar jam 10 kurang, baru deh ke bawah utk ngikutin sesi mbatik inih. Ternyata peminatnya cukup banyak, and walo bisa ditebak, mayoritas yang ikut adalah cewek. Kalo gak salah, cowoknya cuma 1, and to my surprise, he's not a gay, heheheheeeee..

Sesi pertama adalah presentation by ibu Indra sendiri, yang ngasih tau basic info ttg batik. Presentasi kira2x took only 15 mins, abis itu, kita pindah tempat & ngambil posisi masing2x untuk mulai membatik. Setelah diajarin mengenai cari ngambil lilin dari cantingnya & gimana posisi tangan yang benar, barulah kita dipersilahkan untuk memulai membatik.

Sempet mblobor2x siy lilinnya, tapi kata mbak Sri (ini nama mbak2x yang ngawasin), turis2x Jepang itu kalo nyari batik, emang nyari yg mblobor, ketauan asli batik tulis katanyah. Hmmm, kira2x ada orang Jepang yang mau mbeli batik gue gak yah ? Kekekekeeeekk..

Gak berasa, ternyata hampir 1 jam gue membatik, padahal ukurannya gak gede2x amat, seukuran sapu tangan standar gitu deh. Makluuuuuum, kan masih amatir kitah, namanya juga masih belajar :)) Setelah itu, kaos yang sudah gue beri lilin itu gue kasih ke mas Slamet utk kemudian dia beritahu cara memberi warnanya. Hmmmm, dari jaman gue SD, gue sebenernya paling gak bisa pake kuas warna (kalo sekarang siy bisa make kuas hanya utk make up, heheheheee...). Jadi dengan susah payah, dengan kaki yang mulai kebas & keteguhan hati (maaf, mulai lebay), gue memberi warna ke batik gue ituh.

Akhirnya, kaos batik gue selesai juga and menurut ibu & para ponakan gue yang nungguin, hasilnya bagus. Well, gak tau mereka bo'ong ato gak, tapi yang pasti, I'm pretty satisfied with my result and kalo next time ada pelajaran mbatik lagi, mungkin gue akan ikut lagi.
Share/Bookmark

19 comments:

  1. serunyaaaa.....waktu smp gue pernah blajar membatik. emang menyenangkan.... :)

    ReplyDelete
  2. iyah, seru banget.. ini pertama kalinya gue mbatik & pengen nyoba lagih..

    ReplyDelete
  3. koq gak ada warnaa ungu-nya jul?

    itu dua titik di kanan bawah bekas es krim yak? :)

    ReplyDelete
  4. Awww... seems like u had so much fun *envy* hahaha. Good job, Jules! you rule! :)

    ReplyDelete
  5. bagus..bagus...pake dong kaosnya...belajar mbatik bayar berapa bo?

    ReplyDelete
  6. ndak ada Ge, secara cat-nya cuma ada ijo, merah & biru.. Kalo dicampur siy bisa aja, tapi gue lagi gak kepengen..

    Heheheeeeee, itu cecerannyah.. Btw, elo ngeliat tulisan "ijul" di dalam batik itu gak ?

    ReplyDelete
  7. kalo kaos = 110ribu, sapu tangan 55ribu.. iya, ntar kalo dah dicuci, baru deh dipake buat jalan2x :))

    ReplyDelete
  8. wah iya tya, kamyu siy tidak ada... i had so much fun indeed !!!! makanya, ampe pengen lagi kalo ada next session. Tapi gue lagi tertarik pengen ikutan ngelukis di pelepah pisang ituh..

    ReplyDelete
  9. ntar kalo ada lagi yah... kemaren itu juga gue dikasih tau ama tya. Bu Indra dah jadi contact ay, mudah2xan aja beliau mau ngadain session berikutnyah..

    ReplyDelete
  10. mata gw gak sedetail itu sih jul.. tp scr lo dah mention it, gw jd ngeh-in tulisan ijul itu.. :)
    polanya tuh buat sendiri yak?

    ReplyDelete
  11. WADUH sblum mulai bergaya dulu depan MUSEUM

    ReplyDelete
  12. heheheeeeee, ini malah pas selesai mbatik :)) kalo ntar ada lagi, aku ikutan ya bu, pengen ngelancarin, heheheheeee....

    ReplyDelete
  13. Kalo proses yang seharusnya, kita harus mulai dari membuat pola, tapi berhubung cuma ada waktu 2 jam, jadilah polanya dah dibuatin dalam guratan pensil.

    Oya Ge, ada tulisan 12.10.08 juga.. Hayo cari :))

    ReplyDelete
  14. dan nemuuuu di kanan atasss... :)
    *aku pintar.. har har ^_^

    ReplyDelete
  15. pintaaaaaaarrrrrrr.... ckckckck, benar2x tidak menyangka kamu sepintar inih :))

    ReplyDelete
  16. Huee... mudah2xan kali ini gue bisa ikut. Add Bu Indra juga ahh hahaha

    ReplyDelete
  17. Mbak Ijul....apa kabar...sudah kangen MBATIK lagi...? RAMADHAN SPECIAL lho flora garden cafe - KOMPLEKS HANGGAR - Pancoran...Sabtu 5 Sept 2009 jam 15.30-17.30 dpt dilanjutkan Buka di cafe ini lho...ayo ajak Ibu lagi....di tunggu ya..

    ReplyDelete