Wednesday, October 29

..mari membaca..

Semalem gue chatting ama temen gue, and dari ngobrol2x itu, terlontarlah kalimat darinya "gue lagi pengen nyoba belajar membaca buku karena gue kepengen kayak orang-orang yang bisa menikmati membaca buku dalam waktu berjam-jam." Hmmmm......

Somehow gue merasa bersyukur karena dibesarkan di lingkungan keluarga yang senang sekali membaca. Sedari kecil, gue sudah dibiasakan untuk membaca. Bacaan waktu kecil yang gue inget bukan berupa komik, tapi majalah. Iya, majalah Bobo & Kawanku, yang dijilid ibu gue and masih awet disimpan sampe sekarang (and sekarang para keponakan gue pun kadang masih ngebacanya, heheheheeeeee).

Setiap ibu & bokap gue ke Jakarta (yes, gue lahir & tinggal di Palembang ampe umur 7 taun), pasti mereka pulang dengan setumpuk buku keluaran dari Gramedia. Gue gak pernah minta oleh2x yang lain kecuali buku. Dan ketika gue sekeluarga pindah ke Jakarta, kebiasaan gue membaca makin menjadi, karena di Jakarta, akses ke Gramedia lebih gampang, gak perlu naek pesawat dulu.

Paling gak satu bulan sekali, gue ke Gramedia and pulang dengan 5 buku cerita. Gue bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk baca buku. Kadang gue sampe lupa makan (biasanya ini tiap wiken), and diomelin habis2xan ama ibu gue karena gue menghabiskan waktu gue seharian di tempat tidur utk membaca. Yang gue inget, waktu SD, sekitar kelas 5 SD, gue sudah menyelesaikan serial lengkap Tini (ini gambarnya bagus karena asli dari Belanda, tapi udah dialihbahasakan ke Indonesia), 5 sekawan, Tintin, Sapta Siaga, Mallory Towers & Si Badung & beberapa buku seri Pasukan Mau Tahu.

Beranjak SMP & SMA, jenis buku gue makin bervariasi. Tapi umumnya, gue membeli buku sastra di jaman Pujangga Baru. Mulai dari STA (ini gue cukup lengkap), Marah Rusli, Armin Pane, N. St. Iskandar, pokoknya yang ada di buku pelajaran Bahasa Indonesia, gue rata2x ada. Pas kuliah, kegiatan membaca gue agak terhenti. Bukan karena gue males, tapi karena gue terlalu asyik bermain bersama teman2x, jadi gue gak ada waktu untuk membaca.

Nah semenjak kerja, gue mulai rajin lagi baca buku. Kegiatan paling menyenangkan adalah pergi ke toko buku, dimana gue bisa menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam hanya untuk membeli 2-3 buku. Gue paling gak suka diburu-buru kalo lagi di toko buku. Mungkin ini kebiasaan yang ditularkan oleh keluarga gue yah. Setiap kali kita ke toko buku, kita pasti memisahkan diri and berjanji untuk bertemu di depan kasir setelah semua selesai dg bukunya masing-masing. Intinya, gak pernah ada batasan waktu kalo lagi di toko buku.

Buku menurut gue adalah sumber ilmu, sumber inspirasi & juga salah satu wadah untuk kita merefleksikan diri. Dengan membaca buku, elo bisa mengambil moral of the story & try to apply it in your daily life (kalo bisa). Walo hingga saat ini, gue belum bisa menikmati buku kejiwaan ato self-motivating book seperti yang banyak beredar saat ini, too heavy for me.

Kembali lagi ke pembicaraan antara gue & teman gue semalam.. Menurut gue, gak ada kata terlambat untuk belajar menyenangi membaca buku. Mungkin bisa dimulai dari buku yang gampang dicerna dulu, dan gak perlu ngikutin orang lain. I mean, kan ada tuh, orang yang sok2xan ngebaca buku karena orang lain pada baca, seperti halnya buku Laskar Pelangi ato Da Vinci Code. Karena semua orang baca buku Laskar Pelangi, trus ikut2xan ngebaca itu, padahal siy gak tau apa makna dari buku itu, and gak bisa menikmatinya.

Sahabat baik gue, Merry, once said that the book chooses you. Well, I kinda agree with that. I mean, elo tau lah kemampuan pencernaan otak loe sampe mana, jadi gak perlu maksa untuk beli suatu buku biar dibilang pintar. Padahal siy, duh, otaknya tuh udah empot2xan untuk mencerna kalimat demi kalimat yang ada di buku itu.

Jadi, untuk temen gue ato orang2x yang baru mulai membaca, jangan pernah minder kalo kalian baru memiliki hasrat membaca saat ini. Yang penting itu niat, dan gak pernah ada kata terlambat. I bet, once you start to read a book that you like so much, you would spend hours to read another book and you are craving for more books.

Share/Bookmark

18 comments:

  1. gw juga lagi belajar "baca" dan belajar menyukai "buku"....

    ReplyDelete
  2. iya gw juga bersyukur karena sudah terbiasa menyenangi buku sejak kecil. jadi Insya Allah gak susah buat gw untuk mulai membaca apapun, mau itu tabloid picisan sampe buku yang super njelimet. karena pada intinya, gw membaca itu selain untuk relaksasi, juga untuk menambah wawasan. kalo gw mode-nya lagi relaksasi, maka gw memilih buku2 dengan genre yang memang gw suka banget dan biasanya itu fiksi, be it thriller sampe romance dan biography (gw seneng banget baca biography, dan gak hanya world-leaders sort of thing, tapi musician juga hehe). kalo lagi mode-nya menambah wawasan, maka gw baca yang genre nya communications (sesuai field gw), philosophy, business ato psychology. soalnya kalo mengikuti keinginan jiwa terus, kemampuan analisis gw ntar gak nambah2, jadi memang gw berusaha untuk men-challenge diri sendiri untuk membaca hal2 yang lebih "serius", karena kan kata pepatah buku itu gudang ilmu, jadi ya, mumpung umur masih belom tua2 banget dan otak belom berkarat2 banget..marilah kita mengolahragakan otak. hehehe. =D

    ReplyDelete
  3. dan belajar membuat cerpen juga kan ? :))

    ReplyDelete
  4. bener banget tuh, mengolahragakan otak...

    ReplyDelete
  5. bener, jadi inget dulu kalo libur SD main ke rumah Oom gw langsung membabat Kho Ping Ho hahaha hari gono baca cerita silat aja bikin jakun turun naik abis banyak nyerempetnya sih hahaha. Sekarang baca The Undercover Economist aja nggak selese2, otak udah nggak nyampe bo...hahaha....

    ReplyDelete
  6. Ka, gue masih ada kho ping ho versi soft copy. Mau gue kirimin gak ?

    ReplyDelete
  7. mau dong....yg silat jawa boleh yg cina juga okeh....thanks in advance yaw....you're the best!

    ReplyDelete
  8. yg silat jawa inih... ntar yah, gue imelin. :)

    ReplyDelete
  9. Bener tuh,Jul...Becky mungkin satu2nya orang yang sampe sekarang belum membaca Da Vinci Code dan nggak tamat menyelesaikan Laskar Pelangi :D Basically they're not my cup of tea...Jadi kapan nih kita ketemuan di Gramed? :D

    ReplyDelete
  10. eh, ketemuan di gramedia grand indonesia aja, tempatnya guedeeeeeeee bangetttt....!!!!!!! ntar kalo lagi ada perjalanan ke jakarta, kasih tau aja yah.

    ReplyDelete
  11. ika, gue dah kirim ke imel yahu elo yah... ada 3 imel tuh :))

    ReplyDelete
  12. Betul...Gramed Grand Indo emang keren banget :)

    ReplyDelete
  13. yap.. and 2 jam disitu berasa bentarrrrrrrrrrr bangetttttt :))

    ReplyDelete
  14. huhuhu gw belom sempet ke Grand Indo =(. BTW, Grand Indo ini yang di Thamrin ato yang di seberang Plaza Indonesia sih?

    ReplyDelete
  15. Yang di seberang Plaza Indo. Kalo yang di thamrin itu kan EX... Guedeeeeeeee buangeeeeeeeetttt... Kayaknya mesti pake sepeda deh kalo mau kelilingan di dalem, biar gak capek :))

    ReplyDelete
  16. kalo yg di seberang Plaza Indo, gw dah pernah ke sana, yg ada alun2 Indonesia itu bukan? tapi kok kata temen gw Grand Indo ada yg baru lagi? *bingung*

    ReplyDelete
  17. iyah, yg ada alun2x indonesia itu namanya grand indonesia.. mungkin maksud temen elo itu mall of indonesia, yang ada di kelapa gading and udah buka juga. kalo itu siy gue gak tertarik, secara di klapgads aja gituh, jauhari neeeeeeeekkk..

    ReplyDelete