Wednesday, October 29

..sumpe lo ??..

Ini harusnya gue tulis kemaren siy, bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda ke-80. Yak tul, kemaren tgl 28 Oktober, adalah hari peringatan Sumpah Pemuda, dimana 80 th yang lalu, berbagai kelompok pemuda Indonesia berkumpul di suatu gedung bioskop yang sekarang dikenal dengan Gedung Joeang & mendeklarasikan sumpah seperti dibawah ini :

PERTAMA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia.

KEDOEA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia.

KETIGA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.

(sumber: Wikipedia)

Coba deh, baca ikrar ini berulang kali, resapi maknanya, setelah itu tanyakan ke diri sendiri. Apakah kita sudah menjadi apa yang dicita-citakan oleh para pemuda itu ? Picture yourself as one of the guy inside Gedung Juang, the guy who declared this Sumpah Pemuda dengan penuh semangat dan lalu, that guy looked around and watching us, the youth generation of Indonesia. Ada 2 kemungkinan, pertama, dia akan kecewa, merasa perjuangannya sia-sia karena pemuda jaman sekarang seperti melupakan akar budayanya, dan yang kedua, dia akan senang melihat kemajuan pesat dari para pemuda Indonesia. Secara gue bukan pemuda itu, dan gue juga bukan paranormal, plus gue lagi males tebak2x buah manggis, jadi gue gak akan pernah tahu, jawaban apa yang akan dipilih, heheheheeeeee...

Sesuai yang distempelkan para tetua, bahwa gue ini sbg generasi penerus Indonesia, gue sendiri merasa kalo gue belum melaksanakan apa yang diikrarkan oleh para pemuda itu. Dalam artian begini, gue merasa, kalo gue belum melakukan banyak hal ke negara tercinta Indonesia ini, sesuatu yang berguna bagi nusa & bangsa ini.

Memang fakta berbicara bahwa gue terlahir di Indonesia, dan sampai saat inipun gue belum berganti warga negara. Gue hafal banyak lagu daerah & lagu wajib nasional Indonesia, bisa menarikan tarian daerah, walo cuma dari 1 daerah aja (tapi ada 7-8 tarian lowch..), bisa juga berbahasa daerah (walo Jawa ngoko, krn kalo krama itu susye sekali deh) selain bahasa Indonesia yang pas-pasan. Gue juga menyenangi sejarah Indonesia, dg berusaha menghargai warisan budaya Indonesia, mulai dari makanan, pakaian, ngeliat sendratari sampai mengunjungi obyek wisata yang kadang membuat teman2x gue menaikkan alisnya sambil berkata ”hah ? ngapain loe ke musium ? kurang kerjaan banget..Yes, I get that many times, walo gak jarang ada juga yang bilang ”salut gue ama loe, masih mau pegi ke museum..” Gue juga berdoa kepada para pahlawan setiap lagu mengheningkan cipta diputar, gak pernah absen liat upacara pengibaran bendera setiap 17 agustus walo dari tv & ikut bernyanyi waktu anak2x sekolah itu menyanyikan andhika bayangkari.

Tapi gue tetep merasa, kalo itu gak ada apa2xnya dibandingkan apa yang para pemuda itu lakukan, dan semua hal diatas itu menurut gue belum ato kurang bisa dijadikan tolak ukur rasa nasionalisme.

Gue kadang pengen banget berbuat sesuatu utk negara ini, sesuatu yang at least bisa membangkitkan semangat nasionalisme gue. Tapi gue gak kepengen jadi politikus, walo di th 99 dulu, gue nyaris masuk PAN saking kagumnya gue ama Amien Rais. Well, mungkin someday, keinginan gue utk melakukan sesuatu yang berguna buat bangsa & negara ini bisa terwujud. Supaya nanti kalo ada peringatan Sumpah Pemuda lagi, gue bisa penuh semangat membacakan sumpah itu, meresapi maknanya secara dalam dan berkata ”saya sudah melakukan sesuatu untuk negeri tercinta ini” (but well, minus gaya mengepalkan tangan & meninjunya ke udara, hahahahahaaaaaaa..)


Share/Bookmark

26 comments:

  1. sempet gak kepikiran kalo pemuda2 itu dulu sebenernya cuman lagi nongkrong sama kaya kita, secara tempatnya sama2 di bioskop (yg pasti blm ada 21 ya dulu.. apalagi blitz, atau mungkin kalo dulu udah ada circle K, sumpah pemuda nya di circle K kali ya...) dan sebenernya iseng2 aja nyeletuk 3 pasal yg akhirnya dikenal sebagai sumpah pemuda itu? hehehe...

    ReplyDelete
  2. hahahahaaaaaaa, mungkin juga siy ya... mereka lagi nongkrong ngebahas film yg menginspirasi jiwa muda mereka, trus tiba2x ada yang nyeletuk "eh, kita juga bisa tuh kayak mereka yang di film ituh.." kira2x umur berapa ya mereka itu (hah ???)

    ReplyDelete
  3. nah kan!! pertanyaan nya skrg... kira2 mereka waktu itu abis nonton film apa ya? laskar pelangi mungkin??

    ReplyDelete
  4. tadi siy gue browsing2x cari daftar film di th 1928-an, trus kayaknya kalo dari judul, yang paling cocok tuh "While the city sleep".. Jadi sementara pemuda lain di kota Jakarta lagi pada tidur2xan, mereka masih begadang & nongkrong :))

    ReplyDelete
  5. makanya gw bilang, kalo cirlcle k udah buka waktu itu, mrk pasti nongkrongnya gak di bioskop lagi...

    ReplyDelete
  6. hahahahaaaaaaaaa.... coba doraemon beneran idup yah, trus kita pinjem deh itu pintu merahnya, biar kita bisa kembali ke 28-10-28... Eittttttts, mungkin juga niy ya, di antara mereka yang nongkrong itu, ada yang percaya ama feng shui, secara tanggalnya kalo ditotal tuh sepuluh semua, hihihihiiiii..

    ReplyDelete
  7. hmmm... kalo masalah tanggal, kyanya emang harus dianalisa lebih lanjut tuh... tapi masalah dora emon, gw kurang setuju tuh... coba yg lebih serius lagi jull...

    ReplyDelete
  8. hmmmm, apa ya ? masak panggil quantum leap ? ato king leopold ? jauh jowk, mereka semua di amerika.. kalo doraemon kan cuma di jepang, and kecil pula, jadi cingcai lah kalo disuruh2x..

    ReplyDelete
  9. We also took our vowed in Y2K hehehe.....

    ReplyDelete
  10. sumpah apaan tuh di taun 2000 ? Yang ada juga malah sumpah serapah biar semua data di komputer tidak crash :))

    ReplyDelete
  11. huahahahahaaaaaaaaa, dasar loe, kirain sumpah apaan...

    ReplyDelete
  12. menurut gue nasionalisme = tidak nyuap polisi kalo ditilang, taati peraturan, bayar pajar, jaga kebersihan diri dan lingkungan, kalo bayar pembokat jgn dibawah umr, jadikan charity sbg gaya hidup (punya anak asuh dsb.), buat bisnis / membuka lapangan kerja, kurangi karbon footprint pribadi, bantu orang yg kesusahan tanpa precondition, etc..etc...
    btw, gue juga suka banget sama lagu2 wajib dulu...

    ReplyDelete
  13. masih hafal gak ? gue ampe sekarang, masih suka sedih kalo denger lagu Syukur & gak jarang bisa tau2x berlinangan air mata. Lagu itu seperti memiliki daya magis buat gue :))

    ReplyDelete
  14. syukur tuh yg gimana yak? mengheningkan cipta gua tahu...dengan..seluruh...angkasa raya memuji dst...itu?

    ReplyDelete
  15. dari yakin kuteguh, hatiku ikhlasku penuh, akan karuniamu..
    tanah air pusaka, indonesia tercinta
    syukur aku panjatkan, ke hadirat-Mu Tuhan..

    Sebenernya ada 3 verse, tapi yang paling sering dibawakan ya yang 1st verse aja, kalo gak, bisa mati pingsan tuh. Yah, sama kasusnya kayak lagu Indonesia Raya deh :))

    ReplyDelete
  16. kalo buat gw, Indonesia Pusaka...

    Indonesia tanah air beta... hiks.. hiks.. coba bayangin lagu itu disaat lo terombang ambing di tengah badai, jauh dari rumah...

    ReplyDelete
  17. oh itu syukur judulnya...gue hapal banget bait 1 tapi..

    ReplyDelete
  18. inget raja ampat kah, nji ? terombang-ambing di tengah lautan..

    ReplyDelete
  19. yoiiiiiiiih, lagu wajib yang selalu gue nyanyikan tiap SD (and waktu kuliah sem. 1 di balkon asrama, malem2x ama temen gila gue, trus terhentikan karena anak2x di asrama pada boyongan kasur dari 1 kamar ke kamar lainnya karena ada setan)

    ReplyDelete
  20. bukan raja ampat, wakatobi tepatnya... kurang lebih badainya ampir sama kaya yg di film forest gump, tapi boat gw lebih kecil, hiks.. hiks..

    ReplyDelete
  21. mungkin yang elo maksud cast away :)) waduuuuuuuh, pasti dah ketar ketir banget ya, nji.. makanya gue males banget naek kapal, walopun berulang kali diajakin.

    ReplyDelete
  22. bukan cast away, beneran forest gump... i wish gw seberani letnan nya itu, yg maki2 tuhan di tengah badai, hehehe...

    ReplyDelete
  23. huahahahaaaaaaaaaa, maki2x aja nji, tapi pake bahasa Inggris. Kan Tuhan kita taunya bahasa indonesia (apaaaaaaaan ???)

    ReplyDelete