Tuesday, November 18

..rambutan is comin to town..

I'm very happy when the rainy season comes.. Apart from the flood thingy, rain always gives me a happy feeling instead of moody like some people do. I love it from the smell of the wet soil, the wind breeze, the cloud, the sound of the rain falls, a very different atmosphere than the dry season.

Dan yang pasti, kalo sudah datang musim hujan, pasti buah yang satu ini juga akan muncul. Yap, RAMBUTAN !! Buah berambut yang tidak ada padanan namanya di kamus bahasa Inggris ini adalah salah satu buah favorit gue selain mangga, semangka & duren.

Rambutan ini ada berbagai jenis (and kalo mau tau jenisnya apa aja, googling aja ndiri yaaaaaahhh). Gue paling seneng dengan rambutan yang buahnya besar, manis & ngelotok. Walo kata orang kalo rambutan yang ngelotok itu yang ngerusak organ pencernaan tubuh, tapi kayaknya agak kurang pas kalo makan gak yg ngelotok. Apalagi ya, kalo dapet rambutan yang pas ngebuka kulitnya tuh, sari buahnya ampe menetes (bahkan cenderung bermuncratan). Bisa dikatakan kalo itu rambutan manisnya puooooooollllllllll !!!!! Tapi, untuk rambutan jenis ini, lebih baik disimpen di luar, karena mengundang banyak semut saking manisnya. Bahkan terkadang, sebelum makan, gue harus ngetok-ngetok rambutan itu ke lantai utk mengusir semutnya, heheheeeeeee...

Ibu gue sendiri senengnya makan rambutan rapiah. Tapi gue kurang suka dengan rambutan, karena satu, buahnya kecil, kedua, kurang manis and yang ketiga, buahnya kering. Jadi gue gak menemukan kepuasan kalo makan rambutan rapiah ini. Rambutan jenis ini lebih mahal dibanding dg rambutan jenis lain. Maka dari itu, gak jarang rapiah ini sering dipalsu. Yap, rambutan rapiah ada palsunya. Gimana cara malsunya ? Ini rada njelimet, tapi ketauan banget niatnya. Rambut di kulit rambutan itu dipotongin dulu sebelum dijual, jadi dari jauh biar terlihat seperti rapiah. Kreatif banget yah ? Tapi kalo gak ada palsuannya, bukan Indonesia bukaaaaan ??

So anyway, gue sudah melihat banyak tukang buah yang menjual rambutan di pasar2x & di pinggir jalan dari minggu lalu. Jadi sudah dipastikan kalo dalam minggu2x ini, gue akan meninggalkan mangga dan beralih ke rambutan dulu.

Share/Bookmark

6 comments:

  1. then you're gonna love it here. everyday is a rainy day. well, almost always. =D

    ReplyDelete
  2. siyalll...ada sih rambutan di C4 sini udah isinya dikit, mahal, layu pula...duh kangen makan rambutan pedes aka kegigit semutnya ;)

    ReplyDelete
  3. Hihihi.. iyah jul, makan rambutan tuh sll deh rebutan sm semut2 item yg gendud nan nyakitin kalo ngegigit..

    ReplyDelete
  4. gue emang sebenernya gak cucok tinggal di jakarta raya ini (hahahahaaa, sok banget ya gue ??)

    ReplyDelete
  5. mungkin, elo minta kirimin emak loe yang masih muda, tapi sambil dikarbit, jadi pas nyampe di belgia, udah mateng deh :))

    ReplyDelete
  6. eh, lucu juga tuh, sembari nunggu jazz performance, trus kita ngampar di depan Istora sambil makan rambutan, huahahahaaaaaa :))

    ReplyDelete