Wednesday, January 7

..imagining jakarta..

Semakin lama, lalu lintas di jakarta semakin kacau. Ini semua karena makin banyaknya motor yang berseliweran di jakarta yang merasa they own the streets. Gak pernah ada satu hari pun dimana gue tidak mengumpat sama motor. Kadang gue merasa kasihan kalo ada kecelakaan motor, tapi gue lebih banyak keselnya. Mobil gue dah berapa kali tuh baret sama motor2x yang udah jelas2x gak ada jarak antara mobil, tetep aja mereka mau nyelak, trus dengan santainya mereka cuek bebek ngacir tanpa peduli kalo motor mereka barusan leaving a mark on my car.

Banyak banget kejadian yang buat gue geleng-geleng kepala, dari mereka yang menolak untuk menunggu kereta lewat and tetap jalan terus walaupun palang pintu kereta dah diturunkan, trus ngambil jalur yang berlawanan and ngambil 1 jalur itu dengan semena-mena, belum lagi kalo ada 2 motor yang ngobrol dengan kecepatan 20km/jam & ngambil 1 jalur sendiri tanpa mempedulikan klakson dari mobil2x di belakangnya trus pas mereka nengok, mereka yang misuh2x. Trus kalo kita pas mau belok, dah jelas2x kita kasih sen, eeeeeeeh, dia gak mau kasih jalan, tetep mau masuk ajah (kalo yang kayak2x gini, gue jelas gak mau ngerem, biar sekalian jatuh aja itu pengendara motor dari motornya, biar rasa). Dan yang paling sebel, kalo kita lagi muter balik ato mundur, gak ada sama sekali motor yang ngerem, jalan terus penuh keegoisan. Dan paling juara itu kalo pas motor2x itu merasa bisa nyetir mobil, merasa paling bener, padahal jelas2x kalo aturan berlalu lintas dari Polda Metro Jaya & DLLAJR, mereka itulah yang salah, haduuuuuuuuuuuuuhhhh... *menghela-nafas-mengelus-dada*

Dari sekian banyak kejadian ituh, ada 1 yang ampe sekarang gue inget, karena gue bingung memutuskan, antara harus kesal atau ketawa saking gobloknya itu pengendara motor. Jadi gini, gue keluar dari rumah gue, lewat jalan tikus. Nah, keluar jalan tikus itu, mobil2x itu lagi pada parkir alias lagi macet. Gue kan memasukkan moncong mobil gue karena dikasih sama angkot, tapi itupun jaraknya tipis banget. And you know what, ada motor dari kanan gue, mau nyoba2x nyelak di antara jarak yang tipis itu. Trus gue buka kaca & bilang "Mas, mau kemana ? Gak muat tauk.." And you know what he said "Ngetes doang kok mbak.." dengan muka tanpa perasaan bersalah sama sekali.. Haaaaaaaaahhhhhh ?????? Ngetes doang ??? Sumpe deh, reaksi gue saat itu cuma bisa bengong ngeliatin masnyah, sambil mereka-reka, apakah masnyah itu baru bisa naek motor, ato emang gobloknya gak ketulungan..

That's why gue kalo lagi nyetir, senang sekali berandai-andai, imagining Jakarta bebas dari motor. Gak papa ada motor, tapi mbok ya mereka itu tau cara berkendara dengan baik & benar, mematuhi segala peraturan lalu lintas, and yang jelas, mereka bisa mempergunakan rem & spion, jadi bukan hanya gas, unless mereka memang beli motor murah yang tanpa rem.

Gue tau, perandai-andaian gue ini sama sekali gak akan pernah terwujud di Jakarta ini, tapi yaaaaah, berandai-andai Jakarta berkurang jumlah motornya - at least kembali ke suasana 8 tahun lalu dimana kita belum dibombardir dg mocin - adalah perandaian yang amat sangat menyenangkan


Share/Bookmark

9 comments:

  1. sayangnya memang itu fenomena yang terjadi di Jakarta, kita yang selalu cuap-cuap soal sikap safety ride harus kerap telan ludah karena harus banting tulang lebih keras untuk bisa menitipkan pesan bahwa berkendara yang benar dan aman itu baik adanya.

    salam dari web jalanraya (www.jalanraya.net), jangan sungkan untuk memberi masukan :-)

    ReplyDelete
  2. Kalau bicara 8 Tahun lalu, mobil juga gak sebanyak saat ini...

    Sebenernya mau Mobil atau Motor kalau gak punya rasa Disiplin pribadi sama aja mba... mungkin saat ini banyak orang terfokus ke Motor, karena jumlah Motor sangat buanyak sekali dan banyak orang juga beralih menggunakan motor padahal untuk mengendarai aja belum mahir. Dan banyak juga Mobil yang berprilaku sama dengan pengendara motor, hanya jumlah mobil lebih sedikit aja makanya motor yang selalu disalahkan.

    Tapi kembali ke diri sendiri aja deh.


    RBH

    ReplyDelete
  3. well, emang harus sering-sering sabar, and berharap mereka disadarkan juga.

    Tapi kadang kalo dah mencapai puncak, beuuuuuuuuh, bawaannya pengen turun trus ngehajar semua motor2x ituh.

    ReplyDelete
  4. @ RBH :
    Iya, emang semua itu kembali ke pribadi masing2x.. Tapi emang motor itu bejibun buangetttttt, and kemaren sore itu, di rel kereta deket rumah gue, polisi ampe kewalahan ngatur motor yang gak mau diatur, and akibatnya, 1 jam parkir deket rel, KA dah lewat sekitar 8 ato mungkin 10 kali, and motor2x semuanya gak ada yang mau ngalah, ngambil jalur yang seharusnya dipake arah yang berlawanan, plus ngambil area pejalan kaki.

    ReplyDelete
  5. kayaknya mba jules harus sekali-kali ikut naek motor yg saat ini sudah menjadi ikon utk masyarakat pekerja di jakarta, sehingga impian mba jules akan berubah mengenai Jakarta ...
    bukan sinis tapi memandang sesuatu dari kacamata yg lebih luas akan terasa berimbang bagi pembacanya ..but just like your blog subject ( Jules Rules ) .. its yours ..not everybody else..

    salam kenal ... dari bowie (pengendara motor dari dulu sampai sekarang dan akan terus naek motor)

    ReplyDelete
  6. @ bowie :
    Wah jangan salah loe. Gue ini pelanggan ojek sejati, dari jaman ojek belum menjamur seperti sekarang. Gue punya langganan ojek di PS, Blok M Plaza, PIM, deket rumah, even yang di Atmajaya aja ada. Dan gue juga sering banget diboncengin motor ama temen2x gue yang merupakan pengendara motor yang baik & benar. Baik teman gue atopun tukang2x ojek itu juga mengeluh tentang tata cara para pengendara motor saat ini.

    Komentar gue ini jauh sekali dari sinis, tapi ini adalah pendapat gue. Kalo elo menganggap pendapat gue ini sinis, ya monggo...

    ReplyDelete
  7. lebih setuju dgn comment-nya Mas RBH.....
    kalo Julia punya motor dan bisa mengendarai motor ( tp inget..SIM-nya jg hrs punya ), sesekali, cobalah pake motor kemanapun kamu pergi...at least, seminggu lah....and then, balik lagi pake mobil...terus aja bgtu, ganti2an....nah, rasakan sgala emosi dan perasaan yg muncul dr dlm diri kita saat ridning motor dan saat driving mobil....
    pasti Julia jg akan berpikir sama, "mari kita mulai dari diri sendiri kalo memang ingin jalanan lebih aman dan nyaman untuk kita, setelah itu, barulah kita tularkan kebiasaan baik itu ke orang lain"

    WYP
    Suzuki 2 Wheels
    TeCePe Cyber Community
    mobilist ( using Peugeot 405STi )

    ReplyDelete
  8. Mba Julia yang kelihatannya selalu baik dan selalu benar :) dan dikelilingi oleh rekan2 dan ojeker pengendara motor yang selalu baik dan benar juga... (hehe just kidding ya mba, no offense plis!!!)

    perkenalkan, saya adalah pengguna jalan raya biasa juga yang mungkin kalo dihitung2 pernah sama rata dalam menggunakan semua sarana transportasi yang tersedia, baik jalan kaki, angkot, bus, ojek, motor pribadi, dan mobil pribadi... (beneran lho mba...) sering juga melihat dan mengalami hal serupa yang mba Julia alami ini.

    Tapi menurut saya, pengendara motor bukanlah faktor utama penyebab sistem lalu lintas kita semrawut seperti sekarang, seperti yang disampaikan oleh rekan2 lain dalam komentar terdahulu.

    Bukan juga mengatakan kalau tulisan mba Julia terkesan sinis, tapi saya sedikit menangkap kesan bahwa mba Julia agak sedikit rasis terhadap pengguna sepeda motor.
    Mungkin karena sering di dzolimi oleh oknum pesepeda motor ya?...
    agak susah memang kalau sudah begini.

    Tapi percuma panjang lebar dijelaskan disini kalau sudah berat sebelah dalam menyikapi suatu hal, pasti tidak akan ketemu akar permasalahannya yang mungkin bisa menjadi bahan untuk pembelajaran kita bersama.

    Nah, kalo saya sendiri (bukan ingin dianggap hebat lho...) mencoba untuk ikut berpartisipasi aktif dalam mengurangi kesemrawutan lalu lintas Jakarta, dengan cara beralih menggunakan kendaraan tanpa polusi (dan ringkas secara ukuran) yaitu menggunakan sepeda ke kantor (walaupun sekarang belum setiap hari, tapi sedang mengusahakan untuk full seminggu penuh nantinya), atau minimal memperbanyak menggunakan sarana transportasi publik dibanding kendaraan bermotor pribadi pada jam2 kerja.

    Mudah2an dengan cara yang (seperti banyak orang bilang) banyak susahnya daripada senangnya ini, sedikit demi sedikit bisa merubah lalu lintas Jakarta ke arah yang lebih baik. Akan lebih bersyukur lagi kalau cara ini banyak diikuti oleh orang lain...

    Yah, pasti banyak yang akan berpikir sampai sejuta kali untuk mencoba cara ini, tapi biarlah itu jadi urusan mereka. Partisipasi aktif saya ya semampunya seperti ini, saya jalani saja.

    Berminat?... silahkan dicoba sendiri ya mba... :)

    -Arli-

    ReplyDelete
  9. @ Arli :
    Gue memang berminat banget beli sepeda, tapi ngeliat gimana itu motor2x nge-treat para pengguna sepeda di jalur perjalanan kantor-rumah gue, beuuuuuuuh, I have to think thousands times as you said deh. Secara, jalannya pejalan kaki aja diserobot semena2x tanpa pikir panjang kalo itu jalan orang dan bukan jalan motor, apalagi sepeda ? Gue pernah banget ngeliat, sepeda itu ampe dipepet mau jatuh ke got ama motor-motor, CATET, bukan cuma 1 motor and mereka santai aja gitu. So barbaric deh..

    Btw, thanks yang udah comment disini & "thanks to Andry*..

    ReplyDelete