Wednesday, January 7

..imagining jakarta..

Semakin lama, lalu lintas di jakarta semakin kacau. Ini semua karena makin banyaknya motor yang berseliweran di jakarta yang merasa they own the streets. Gak pernah ada satu hari pun dimana gue tidak mengumpat sama motor. Kadang gue merasa kasihan kalo ada kecelakaan motor, tapi gue lebih banyak keselnya. Mobil gue dah berapa kali tuh baret sama motor2x yang udah jelas2x gak ada jarak antara mobil, tetep aja mereka mau nyelak, trus dengan santainya mereka cuek bebek ngacir tanpa peduli kalo motor mereka barusan leaving a mark on my car.

Banyak banget kejadian yang buat gue geleng-geleng kepala, dari mereka yang menolak untuk menunggu kereta lewat and tetap jalan terus walaupun palang pintu kereta dah diturunkan, trus ngambil jalur yang berlawanan and ngambil 1 jalur itu dengan semena-mena, belum lagi kalo ada 2 motor yang ngobrol dengan kecepatan 20km/jam & ngambil 1 jalur sendiri tanpa mempedulikan klakson dari mobil2x di belakangnya trus pas mereka nengok, mereka yang misuh2x. Trus kalo kita pas mau belok, dah jelas2x kita kasih sen, eeeeeeeh, dia gak mau kasih jalan, tetep mau masuk ajah (kalo yang kayak2x gini, gue jelas gak mau ngerem, biar sekalian jatuh aja itu pengendara motor dari motornya, biar rasa). Dan yang paling sebel, kalo kita lagi muter balik ato mundur, gak ada sama sekali motor yang ngerem, jalan terus penuh keegoisan. Dan paling juara itu kalo pas motor2x itu merasa bisa nyetir mobil, merasa paling bener, padahal jelas2x kalo aturan berlalu lintas dari Polda Metro Jaya & DLLAJR, mereka itulah yang salah, haduuuuuuuuuuuuuhhhh... *menghela-nafas-mengelus-dada*

Dari sekian banyak kejadian ituh, ada 1 yang ampe sekarang gue inget, karena gue bingung memutuskan, antara harus kesal atau ketawa saking gobloknya itu pengendara motor. Jadi gini, gue keluar dari rumah gue, lewat jalan tikus. Nah, keluar jalan tikus itu, mobil2x itu lagi pada parkir alias lagi macet. Gue kan memasukkan moncong mobil gue karena dikasih sama angkot, tapi itupun jaraknya tipis banget. And you know what, ada motor dari kanan gue, mau nyoba2x nyelak di antara jarak yang tipis itu. Trus gue buka kaca & bilang "Mas, mau kemana ? Gak muat tauk.." And you know what he said "Ngetes doang kok mbak.." dengan muka tanpa perasaan bersalah sama sekali.. Haaaaaaaaahhhhhh ?????? Ngetes doang ??? Sumpe deh, reaksi gue saat itu cuma bisa bengong ngeliatin masnyah, sambil mereka-reka, apakah masnyah itu baru bisa naek motor, ato emang gobloknya gak ketulungan..

That's why gue kalo lagi nyetir, senang sekali berandai-andai, imagining Jakarta bebas dari motor. Gak papa ada motor, tapi mbok ya mereka itu tau cara berkendara dengan baik & benar, mematuhi segala peraturan lalu lintas, and yang jelas, mereka bisa mempergunakan rem & spion, jadi bukan hanya gas, unless mereka memang beli motor murah yang tanpa rem.

Gue tau, perandai-andaian gue ini sama sekali gak akan pernah terwujud di Jakarta ini, tapi yaaaaah, berandai-andai Jakarta berkurang jumlah motornya - at least kembali ke suasana 8 tahun lalu dimana kita belum dibombardir dg mocin - adalah perandaian yang amat sangat menyenangkan

Share/Bookmark

6 comments:

  1. kalo jakarta bebas dari mobil juga... itu baru mimpi..
    kok motor selalu jadi " kambing hitam "....hiks

    ReplyDelete
  2. semoga gue selalu menjadi pengendara motor yang baik....*tp blom punya SIM* :P

    ReplyDelete
  3. bukan dijadikan kambing hitam, tapi memang mereka itu tidak tau aturan.. kalo kita yang nyenggol, marahnya kayak mereka punya jaguar aja. sementara kalo mereka yang salah, pasang tampang sememelas mungkin dengan membawa2x alasan "rakyat kecil, miskin, dll"... Duuuuuuh, capek deeeeeeeehhhh....

    ReplyDelete
  4. heh, buat cepetan sanah, trus segera mahirkan lagi mbawa motornya biar gue bisa mbonceng :))

    ReplyDelete
  5. ehm, jadi inget buku "black interview"
    isinya pengandaian jakarta 100 tahun ke depan

    ReplyDelete
  6. wah, belum pernah denger tuh... ada dijual dimana tuh bukunya ? sepertinya lucu tuh isinyah :))

    ReplyDelete