Thursday, March 27

..so long, my big bro..

Pagi ini, gue bangun tidur dapet sms dari Jacky, isinya begini : Telah meninggal dunia, Sauli Rahmat Pulungan jam 23:00. Alamat duka : Jl. Abd. Rahman no 199 Rt 16/05 Cibubur Jaktim. DEG!! Saat itu gue berharap kalo itu salah sms, soalnya semalam gue juga ditelp Amanda, ngasih tau kalo ada temen SMA kita, Poppy, meninggal dunia. Ternyata setelah dicek, Poppy masih hidup sehat wal'afiat dan barusan menyusui anaknya.

Jadi gue berharap kalo itu salah sms. Gue telp Radiant, karena dia yang ngirim sms itu ke Jacky. Setelah nelp Radiant, dia juga bilang kalo dia gak tau apakah itu benar ato gak. Karena nomer telp yang sms dia itu, pas coba ditelp balik, gak diangkat2x. Gue, on the other hand, mencoba nelp hp sauli, and nelp 108 utk cari tau nomer telp rumah duka yg ada di sms itu, tapi ternyata belum terdaftar di 108.

Sekitar 5 menit, Radiant nelp gue and bilang kalo nomer telp yg sms dia itu nomer Mia, istri Sauli, and berita itu BENAR !! Asli, gue langsung lemas, gak bisa mikir sama sekali. Gue hanya bisa nangis, pikiran gue langsung lari ke jaman waktu kuliah, and yg jelas, waktu terakhir kali ketemu dia di kumpul2x HOA bulan Januari lalu. Kita ke Gelato Bar, trus ke Red Square and end up di Public.

Gue bener2x ilang fokus, gak ngerti mesti ngapain. Akhirnya, dg pikiran kosong, gue berusaha merangkai kata2x buat smsin semua anak HOA, and beberapa orang yang kenal sama Sauli.

Gue janjian ama Radiant, Theo & Dewi, Iting, Merry, Donda & Pungky di Citos jam 9 utk konvoi bareng. Kita ngumpul di Coffee Bean. Ada Papa Ijal juga, dah lama banget gak ketemu dia, terakhir th 2003 waktu reuni akbar di Bandung. Radiant & Papa Ijal berangkat duluan, supaya bisa ngasih tau arah2x ke rumah Sauli. Trus gak lama Theo & Dewi juga berangkat, krn mereka berdua ada meeting siang. Jam 9:15, setelah Pane & Donda nyampe, kita berangkat.

Sempet nyasar arah, harusnya masuk ke Bogor, tapi karena keasyikan ngobrol, jadi gue salah ambil jalan ke tol Bandung. Untung aja nemu pintu keluar Bambu Apus, jadi akhirnya kita keluar disitu and masuk lagi jalan tol ke Bogor.

Enivei, akhirnya kita sampai juga di rumah Sauli setelah menempuh perjalanan 30 menit. Nyampe disana, selain ada Papa Ijal, Radiant, Theo & Dewi, ada Bobby juga. Langsung gue & dia flash back ke bulan Januari ituh. And Bobby bilang, bahwa minggu lalu, dia sempet ngajak jalan Sauli and Sauli bilang kalo dia belum bisa keluar, krn dia abis sakit.

Berhubung Sauli masih dimandikan, jadi kita salaman dulu ama Mia di depan rumah, and ngeriung dulu diluar sembari nunggu acara permandian jenazah selesai.

Sekitar 15 menit, prosesi permandian jenazah selesai and kita semua masuk ke dalam. Sudah suatu kebiasaan gue, untuk melihat muka jenazah utk terakhir kalinya. Gue udah berusaha utk tidak menangis, tapi sumpah demi Allah SWT, pada saat gue membuka kain penutup mukanya, gue sama sekali gak bisa menahan air mata gue..

Gue inget jaman2x kuliah, waktu bego2xan, gokil bareng, di kelas, dan yang pasti, gue masih keinget curhatan dia waktu di Gelato Arcadia 2 bulan yang lalu. Gue sedih banget.. Emang siy, cukup banyak temen gue yang meninggal di usia muda, tapi baru kali ini, gue merasa bener2x keilangan.. Dia merupakan bagian dari keluarga kecil gue di Bandung. Cowok2xnya itu Radiant, Bobby, Beruang, Guling, Sauli dan cewek2xnya adl Merry, Chika, Ayu, Dewi, Bebta & Iting.

Suatu kehilangan yang cukup berarti buat gue & the rest of the inner circle.. Sauli itu asli kocak banget, dia seneng banget ambil last name para vokalis alternative band, tapi dia paling seneng pake nama Sauli Cobain. Coba aja dia stick to Sauli Vedder ato Sauli Corgan, mungkin dia gak akan mati muda ya. Well, emang gak ada hubungannya sama sekali siy.

Sekedar cerita mengenai meninggalnya Sauli (berdasarkan cerita Mia), 2 minggu yang lalu, dia ke dokter, mau ngecek, kenapa batuknya dia gak sembuh2x. Pada saat itu, dokter mendiagnosa kalau dia kena TB dan ketika dokter minta dia untuk medical check up, Sauli gak mau. Tapi, berhubung kondisi kesehatannya makin memburuk dan harus menggunakan tabung oksigen utk bernafas, jadi dia dirawat di RS selama 4 hari, semalam dia kembali ke rumah dan tidak berapa lama, dia meninggal dunia di rumahnya sendiri. Namun bagusnya, dia masih sempet shalat, mengaji and zikirnya gak putus sama sekali sebelum dia menghembuskan nafas terakhir. Subhanallah..

Tidak ada yang tahu memang, kapan kita akan meninggal, karena semua itu urusan Allah SWT. Sauli, for this case, hanya bisa mengecap kehidupan hingga usia 32 tahun. Usia yang cukup muda, yang masih dalam proses merintis kehidupan yang lebih mapan, baik bagi dirinya juga baik keluarganya. Sauli meninggalkan seorang istri dan anak perempuan berumur 7 tahun, Mayra.

Gue hanya bisa berdoa, supaya arwah Sauli diterima di sisi Allah SWT. Semoga dosa2xnya diampuni dan amal2xnya diterima, dan mendapat tempat yang tenang, yang terbaik di sisi Allah SWT, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan & keikhlasan untuk melepasnya. Amiiiiiiinn..

Sauli, you're my big bro and you'll always be remembered.. Love you, bro



(note for the pic: Sauli is the one on the left taken @ Public - 20th Jan 2008)

Share/Bookmark

19 comments:

  1. Dohhh........Turut berduka cita.......:(

    ReplyDelete
  2. Mimi, turut berduka cita ya.
    Mimi juga jaga kesehatan, jgn ngerokok mulu ntar TB :p

    ReplyDelete
  3. I'm Sorry to hear that dear.......

    ReplyDelete
  4. turut berduka cita... sauli temen satu kos gw di GT55 dulu...

    ReplyDelete
  5. makasih ya... ini juga udah ngurangin kok :) *kamyumasihmerokoktak?*

    ReplyDelete
  6. turut bduka jul.. hayu kamu mulai kurangi pengasapanmyuuu

    ReplyDelete
  7. iya niy... semangati aku dooooooong *SEMANGAT*

    ReplyDelete
  8. sauli?????!!! innalilahi wa innaillahi rojiun...

    duh...ikut berduka cita yah :(

    ReplyDelete
  9. Ketemu Sauli di Pizza Hut, sekitar 5-6 thn lalu.....Turut berduka cita...
    Dandy di Dubai.

    ReplyDelete
  10. Oya, dia dulu sempet kerja di Pizza Hut, and yg terakhir ini kerja di Goiza Taman Anggrek..

    ReplyDelete
  11. Gak nyangka ya jul......dari januari ke maret doang.....terakhir reuni dan terakhir ketemu.....

    ReplyDelete
  12. Gw juga kaget pas dapet sms dari anna ama menik. Gw terakhir ketemu ama colay sih waktu masih di Enhaii sekitar 10 thn lalu. but still I'm gonna miss him. Dia pernah ngasih boneka buldog and I still have it (believe it or not). I guess we all gonna miss him.

    ReplyDelete
  13. ..jangan mpe ilang kalo gitu bonekanya yah.. Btw, how are you, mba ?

    ReplyDelete
  14. ..he eh, gak nyangka, and sekarang udah masuk hari ke-7. Kita kapan2x ziarah ke makamnya yok..

    ReplyDelete
  15. baek2 jul. Pa kbr juga anak2 94. kangen juga ketemuan ngumpul2.

    ReplyDelete
  16. buat yg ditinggalkan, semoga tabah menghadapi ini semua,
    for jule terima kasih udah nulis ini, walau telat aku taunya.
    Selamat jalan Uli... an old friend...

    ReplyDelete