Tuesday, March 11

..supersemar..

..ternyata hari ini sebelas maret yaaaaaaa, which means, hari ini adalah peringatan super semar. Hayooooo, ada yg masih inget gak, singkatan super semar ini ? SUrat PERintah SEbelas MARet. Kalo sejarahnya, jangan tanya gue lah, secara kalo dah masuk bagian perang kemerdekaan, gue udah males ngikutin pelajaran sejarah, wakakakakakaaaaaaakkk..

Share/Bookmark

11 comments:

  1. Sejarahnya SUPERSEMAR kan masih jadi perdebatan kaum elit politik :p

    ReplyDelete
  2. iiiiiiiih, untung banget waktu pelajaran sejarah, gue gak dengerin, kekekekekeeeekkk...

    ReplyDelete
  3. Kl SUPERMAN kepanjangannya apa Jul?

    ReplyDelete
  4. SUrat PErintah MAAAAAAANNNN (ini yg ngomong rastaman dg rambut kriwil dan baju ala reggae man dg warna dasar kuning dan bendera jamaika sambil ngisep mariyuana..)

    ReplyDelete
  5. sumpah gw ngakak huahahahahaahahahaha

    ReplyDelete
  6. Gila lo, gue malah ga inget kalau tanggal 11 Maret adalah hari bersejarah.

    Wait... now that you mentioned it, I think I remember (even many people still doubt the truth) they say Supersemar was a document ostensibly signed by the Indonesian President Sukarno on March 11, 1966, giving the Army commander Lt. Gen. Suharto authority to take whatever measures he "deemed necessary" to restore order in the chaotic situation following the G 30 S / PKI events.

    Ah, ternyata gue masih cinta negeri ini. Please jangan tanya2 tentang Butir Butir Pancasila. Hahaha... (banyak banget dan... gunanya apaan?)

    ReplyDelete
  7. kalo ngakak jangan ampe lebar2x yah, malu ama tetangga sebelah :))

    ReplyDelete
  8. Yang gue inget, ada 36 butir-butir Pancasila and dulu waktu sekolah, gue paling males ngapalin butir Pancasila yang sila ke-4. Secara yaaaaa, sila ke -4-nya ndiri aja udah yang paling panjang dari sila2x lainnya :))

    - aku juga cinta negeri ini -

    ReplyDelete
  9. Hahaha... iya tuh bener. Jangan lupa dulu kita juga harus mengingat... apa sih yang ada ayat2nya? UUD 45 ya? Pokoknya gue inget ada yang isinya "anak terlantar dan fakir miskin diurus oleh negara" =)

    ReplyDelete
  10. Kalo ini pasal 34 UUD 45.. Gue inget, secara itu doang pasal di UUD 45 yang cuma sebaris. Selebihnya mah, beuuuuuh, kalo gak 2 baris, ya berayat-ayat :))

    ReplyDelete
  11. NASKAH ASLI SUPERSEMAR DITEMUKAN ?

    Oleh Dasman Djamaluddin

    “Presiden Punya Informasi tentang Naskah Asli Supersemar,’ itulah salah satu lead berita yang saya baca.

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono katanya memiliki informasi tentang keberadaan naskah asli Surat perintah 11 Maret yang ditandatangani Presiden Soekarno pada 11 Maret 1966. Bahkan Presiden sudah meminta Arsip Nasional menindaklanjuti benar atau tidaknya informasi tersebut.

    Sejauh ini generasi muda bangsa masih mendambakan ditemukannya surat asli tersebut.Sejak 11 Maret 1966, naskah asli Supersemar hilang. Di tengah-tengah masyarakat sudah beredar berbagai versi Supersemar. Sudah tentu yang beredar itu naskah palsu, karena yang asli belum ditemukan. Membingungkan, karena naskah aslinya tidak juga ditemukan. Untunglah pencarian naskah asli Supersemar tetap dilaksanakan. Buktinya Presiden RI sekarang punya informasi tentang itu.

    Diakui bahwa sudah muncul rasa “bosan”, jika seseorang mendengar naskah asli Supersemar. Apa betul naskahnya bisa diperoleh ? Sebagai contoh, kebosanan itu telah merasuki pola berpikir para intelektual kita dalam Seminar Nasional dan Diskusi Interaktif “Implikasi Wafatnya Soeharto terhadap Kebenaran Sejarah Supersemar,” pada Selasa, 25 Maret 2008 di Fakultas Hukum Universitas YARSI, Jakarta.

    Selain saya sebagai pembicara (Penulis Buku:”Jenderal TNI Anumerta Basoeki Rachmat dan Supersemar”/Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian Sejarah Supersemar/LPSS), hadir pula Dr.Anhar Gonggong (Sejarawan), Atmadji Sumarkidjo (Penulis buku:”Jenderal M.Jusuf Panglima para Prajurit”) dan Abdul Kadir Besar (Sekretaris Umum MPRS 1966). Terlihat sangat jelas ada ‘kebosanan’ berbicara tentang naskah asli Supersemar. Bahkan Anhar Gonggong dan Atmadji Sumarkidjo mengatakan, naskah asli adalah bagian masa lalu, oleh karena itu naskah asli Supersemar tidak perlu dicari). Tetapi saya di dalam makalah :”Supersemar, Sumber Sejarah yang Hilang,” tetap bertahan bahwa naskah asli Supersemar harus ditemukan, demi generasi pewaris bangsa ini ( makalah lengkap ada di http://dasmandj.blogspot.com).

    ReplyDelete